#HeadlinePolda Sultra

Apresiasi Peternak Ayam Konda untuk Kinerja Polda Sultra dalam Menjaga Kamtibmas

242
×

Apresiasi Peternak Ayam Konda untuk Kinerja Polda Sultra dalam Menjaga Kamtibmas

Sebarkan artikel ini
polda sultra
Polda Sultra Menggelar Jumat Curhat di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Jumat (12/1/2024). Foto : Humas Polda Sultra

PortalPresisi.id – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mengukuhkan hubungan baik dengan masyarakat, khususnya para peternak ayam di wilayah tersebut. Hal ini tergambar melalui kegiatan Jumat Curhat yang diselenggarakan di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan pada Jumat (12/1/2024).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kapolda Sultra Irjen Pol Drs. Teguh Pristiwanto, didampingi oleh Karo SDM Polda Sultra, Kombes Pol Danang Beny K, S.I.K., M.H., berhasil menjadi forum interaktif antara aparat kepolisian dan masyarakat peternak ayam. Desa Alebo dipilih sebagai lokasi acara ini karena memiliki peran strategis sebagai pusat peternakan ayam potong maupun petelur di wilayah tersebut.

polda sultra
Polda Sultra Menggelar Jumat Curhat di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan

Ir. Ulun, salah satu peternak ayam kampung yang turut hadir, memberikan apresiasi kepada kepolisian atas kinerjanya dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para peternak. Ia menyatakan bahwa tempat peternakan mereka yang jauh dari pemukiman selalu aman dari risiko pencurian.

Peternak ayam di Desa Alebo saat ini menjadi pemasok lebih dari 30 ribu ekor ayam setiap bulannya ke Kota Kendari. Ir. Ulun menambahkan, “Kalau untuk telur, pak, kami menyuplai tanpa batas.”

“Kontribusi besar para peternak terhadap pasokan daging dan telur dari wilayah ini sangat signifikan,” ujar Ulun.

polda sultra
Polda Sultra Menggelar Jumat Curhat di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan

Tidak hanya memenuhi kebutuhan pasar lokal, masyarakat peternak juga berperan dalam menyuplai ayam potong dan telur ke rumah makan serta perusahaan tambang dalam skala besar.

Dalam sesi curhat, para peternak ayam potong dan petelur menyampaikan harapan agar kinerja mereka selalu mendapat dukungan penuh dari pemerintah, terutama terkait tiga masalah utama. Masalah tersebut melibatkan stunting yang berkaitan dengan konsumsi telur, masalah inflasi yang mempengaruhi kenaikan harga bahan pokok, dan ketahanan pangan sebagai aspek penting dalam mendukung keberlanjutan industri peternakan di daerah ini.

Acara Jumat Curhat di Desa Alebo menjadi sarana efektif untuk memahami permasalahan dan aspirasi langsung dari para peternak, sekaligus memperkuat sinergi antara kepolisian dan masyarakat peternak dalam menjaga kamtibmas bersama. Upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan industri peternakan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.