BeritaPolda Sultra

Dialog Interaktif RRI Kendari Pasca Pemilu: Kabidhumas Polda Sultra Ungkap Strategi Antisipasi

66
×

Dialog Interaktif RRI Kendari Pasca Pemilu: Kabidhumas Polda Sultra Ungkap Strategi Antisipasi

Sebarkan artikel ini
Kabid JHumas Polda Sultra Kombes Pol Iis Kristian, S.I.K saat mengikuti dialog interaktif di RRI Kendari, Selasa 27 Februari 2024.

PORTALPRESISI – Kendari, 27 Februari 2024 – Hari ini, Studio Prosatu RRI Kendari menggelar kegiatan Dialog Interaktif “Sultra Pagi Ini” pasca Pemilu yang diselenggarakan pada Selasa, 27 Februari 2024, dimulai pukul 09.00 Wita. Kegiatan ini dihadiri oleh Kabidhumas Polda Sultra, Kombes Pol. Iis Kristian, S.I.K., sebagai narasumber utama.

Rapat dimulai dengan penerimaan Kabidhumas dan personel Bidhumas Polda Sultra oleh Kepala LPPNRRI Kendari, Iwan Martono, S.Sos., M.A.P., dan Ketua tim pemberitaan, Dedi Simardi, S.P., di ruang transit RRI Kendari. Dialog Interaktif “Sultra Pagi Ini” kemudian digelar dengan presenter Sunarti Mayesi, membahas topik “Menjaga Kondusifitas Masyarakat Pasca Pemilu.”

Kabidhumas Polda Sultra menyampaikan sejumlah informasi diantaranya mencakup data jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Sultra, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), jumlah personel Pam TPS, dan jumlah personel BKO ke Polres/ta jajaran. Selain itu, tahapan penyelenggaraan Pemilu, tujuan, sasaran, target operasi, cara bertindak, serta perhitungan suara dan rekapitulasi hasil perhitungan suara juga dibahas secara rinci.

Dalam sesi tanya jawab, salah seorang warga bernama Bagus dari Kendari mengajukan pertanyaan terkait peran Polda Sultra dalam menangani hoaks dan kampanye hitam pada Pemilu 2024. Kabidhumas menjelaskan bahwa Polda Sultra telah bersinergi dengan media serta melaksanakan patroli cyber oleh Cyber Troops untuk mengantisipasi hoaks. Tim Cyber Crime Ditreskrimsus juga siap melakukan penindakan jika ditemukan pelanggaran.

Selain itu, warga Kendari lainnya bernama Ira dari Balaikota Kendari turut bertanya mengenai situasi politik nasional yang dapat mempengaruhi keamanan di Sultra. Kabidhumas menegaskan bahwa Polda Sultra telah melakukan pemetaan potensi gangguan dan telah mempersiapkan upaya pencegahan serta penanggulangan. Dialog ini diharapkan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat terkait upaya kepolisian dalam menjaga keamanan pasca Pemilu di Sulawesi Tenggara.