Metro Kendari

KI Sultra Sukses Gelar Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

38
×

KI Sultra Sukses Gelar Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

Sebarkan artikel ini

Kendari, Portal.id – Komisi Informasi (KI) Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses menggelar Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di salah satu Hotel di Kota Kendari, Senin malam (11/12/2023).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Sekda Provinsi Sultra, Forkopimda, Ketua DPRD Sultra serta stakeholder lainnya. 

Ketua Panitia Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, Andi Ulil Amri, dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu momentum bagi Komisi Informasi dalam memastikan sejauh mana keterbukaan informasi publik yang ada di Bumi Anoa. 

“Kami menggelar acara ini baru pertama kali, kemudian dari kegiatan ini kami jadikan momentum agar Komisi Informasi dapat memastikan sudah seberapa jauh informasi keterbukaan publik di Sultra,” jelasnya. 

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menilai, mengukur kepatuhan baik eksekutif, legislatif dan yudikatif terhadap pelaksanaan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

“Kegiatan ini kami gelar dengan tujuan menilai serta mengukur kepatuhan mulai dari eksekutif, legislatif serta yudikatif terhadap pelaksanaan UU No. 14 Tahun 2008 tentang KIP,” ujarnya. 

“Setelah menyelesaikan Monev pada bulan Juni 2023 kemarin kami sudah membagi ada tiga (3) kategori yang akan menerima Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik pada malam hari ini. Mulai dari kategori Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kab/Kota Se-Sultra, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tingkat Sultra dan PPID Penyelenggara Pemilu,” pungkasnya.