Hukum & KriminalNews

Semarak HUT ke-4, Polres Konut Helat Lomba Olah TKP

35
×

Semarak HUT ke-4, Polres Konut Helat Lomba Olah TKP

Sebarkan artikel ini

Konawe Utara, Portal.id — Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 nya, Kepolisian Resor (Polres) Konawe Utara (Konut) menghelat lomba olah tempat kejadian perkara (TKP), Rabu (13/12/2023).

Lomba olah TKP yang dibuka langsung oleh Kapolres AKBP Priyo Utomo itu, bertempat di Mapolres Konut, dan diikuti oleh 8 tim yang berasal dari Satreskrim, Satresnarkoba, Satlantas, Satsamapta, Polsek Asera, Polsek Sawa, Polsek Wiwirano, dan Polsek Lasoso. Materi lomba yakni penanganan olah TKP kasusu pencurian dan pemberatan.

“Salah satu tindakan kepolisian yakni olah TKP, sengaja diperlombakan guna merefleksi kembali ingatan personil terkait standar operasional prosedur atau tindakan yang diambil dalam olah TKP suatu perkara pidana,” jelas AKBP Priyo.

Seperti yang diketahui, olah TKP merupakan tindakan penyidik maupun penyidik pembantu ketika memasuki tempat kejadian suatu perkara untuk melakukan pemeriksaan. Kemudian, dalam olah TKP juga tim penyidik mengumpulkan keterangan, barang bukti, menganalisa, serta mengevaluasi petunjuk-petunjuk dalam ruang lingkup TKP agar dapat mengungkap pelaku utama tindak kejahatan.

Mantan Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Sultra ini menerangkan, lomba olah TKP bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para personel agar tidak asal-asalan.

“Dimulai dari pengamatan secara umum, langkah awal mengamankan TKP, bagaimana memasuki TKP, mengumpulkan bahan keterangan barang bukti yang mengarah pada modus dan pelaku,” tutupnya.



Laporan: Ferito Julyadi