#HeadlineBeritaNasional

Kombes Suharjimantoro, Seorang Polisi Jujur dan Berintegritas Diusul Masuk Hoegeng Awards 2024

187
×

Kombes Suharjimantoro, Seorang Polisi Jujur dan Berintegritas Diusul Masuk Hoegeng Awards 2024

Sebarkan artikel ini
Kombespol Suharjimantoro, Danmentarsis (Komandan Resimen Taruna Dan Siswa) Akademi Kepolisian (Akpol) diusul untuk menjadi kandidat penerima Hoegeng Awards 2024.

PortalPresisi – Warga Kubu Raya, Kalimantan Barat, telah mengusulkan Kombes Suharjimantoro sebagai salah satu calon penerima Hoegeng Awards 2024. Seorang polisi yang saat ini menjabat sebagai Danmentarsis (Komandan Resimen Taruna Dan Siswa) di Akademi Kepolisian (Akpol), Suharjimantoro dikenal sebagai sosok yang jujur dan tegak lurus dalam menjalankan aturan.

Tommy Hermansyah, warga Kubu Raya, mengusulkan Suharjimantoro melalui formulir Hoegeng Awards 2024. Menurut Tommy, Suharjimantoro merupakan contoh nyata seorang polisi jujur yang masih eksis di Indonesia, dan Tommy mengenalnya sejak pangkat Kompol. Suharjimantoro telah membangun karier kepolisiannya di Kalimantan Barat, menduduki berbagai jabatan, seperti Kapolres, Wadirkrimum, hingga Dirkrimum Polda Kalbar.

Tommy menegaskan bahwa meski telah menjabat di posisi penting dalam Polri, Suharjimantoro tetap sederhana dan tidak terpengaruh secara material. Ia menyampaikan bahwa Suharjimantoro tetap miskin harta, namun hatinya kaya akan pengabdian kepada warga Kalbar.

Menurut Tommy, Suharjimantoro adalah seorang polisi yang jujur dan tidak mau merekayasa kasus. Tommy menjelaskan bahwa Suharjimantoro selalu tegak lurus sesuai aturan dan hukum yang berlaku, tidak pernah tergoda oleh oknum tertentu yang mencoba memanfaatkan kedudukannya.

Setelah bertugas di Kalbar, Suharjimantoro dipindahkan ke Lembang untuk menjadi Widyaswara di Sespimmen Polri. Di sana, Suharjimantoro juga terkenal karena tidak mau terlibat dalam praktek yang tidak etis atau untuk kepentingan pribadi.

Tommy menyampaikan bahwa meskipun Suharjimantoro telah meninggalkan Kalbar, hubungan silaturahmi tetap terjaga. Bahkan, Suharjimantoro masih sering berkomunikasi dan bertemu dengan Tommy. Ini menunjukkan bahwa Suharjimantoro tidak hanya memiliki integritas sebagai seorang polisi, tetapi juga memprioritaskan hubungan manusiawi.

Tommy juga berbagi pengalaman pribadinya ketika Suharjimantoro memberikan bantuan pada tahun 2013 saat istri Tommy hamil. Meskipun istri Suharjimantoro juga sedang hamil, Suharjimantoro dengan tulus membantu Tommy dengan memberikan dukungan moral dan finansial. Tommy menyebutkan bahwa Suharjimantoro bahkan menabung untuk mempersiapkan kelahiran anaknya.

Dalam peristiwa lain, Suharjimantoro turut mendampingi Tommy ketika istri Tommy akan melahirkan, meskipun istri Suharjimantoro juga sedang hamil. Tommy menganggap keberhasilan proses persalinan istri Tommy sebagai balasan dari Tuhan atas kebaikan dan keikhlasan Suharjimantoro.

Tommy menutup ceritanya dengan mengungkapkan bahwa persahabatan mereka terjalin kuat hingga saat ini. Menurutnya, Suharjimantoro adalah sosok yang selalu mendahulukan kepentingan orang lain dan mempertahankan integritasnya sebagai seorang polisi dan sebagai manusia. Dengan latar belakang pengalaman dan dedikasi yang demikian, Suharjimantoro layak menjadi salah satu calon penerima Hoegeng Awards 2024.