Metro Kendari

Pemkot Kendari Gelar Temu Bisnis Promosi Sentra IKM

35
×

Pemkot Kendari Gelar Temu Bisnis Promosi Sentra IKM

Sebarkan artikel ini

Kendari, Portal.id – Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Kota Kendari menggelar Temu Bisnis Promosi Sentra IKM dalam rangka peningkatan akses pemasaran dalam negeri. 

Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala, di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (7/12/2023).

Ridwansyah Taridala, menyampaikan sejumlah upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam meningkatkan produktivitas UMKM di Kota Kendari.

Ia menyebut, untuk meningkatkan produktivitas ini Pemkot Kendari telah menyediakan sentra IKM meubeleur yang berlokasi di Kelurahan Lepo-lepo Kecamatan Baruga. 

Sentra IKM meubeleur telah dibangun sejak tahun 2016 dan Sentra IKM olahan pangan yang berlokasi di Kelurahan Sanua Kecamatan Kendari Barat.

“Sentra IKM yang di Lepo-lepo telah dibangun sejak 2016, kita lakukan upaya perbaikan sarpras yang ada disana dan kita harap bapak-bapak/ibu pelaku usaha di Kota Kendari silahkan dimanfaatkan,” ucapnya.

Selain itu, sejumlah ruang juga dapat dimanfaatkan oleh UMKM ataupun masyarakat untuk berdagang, sejumlah tempat ini seperti Kendari Beach yang dimanfaatkan untuk melahirkan aktivitas produktif.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari Muh. Ali Aksa mengatakan, hadirnya 2 sentra IKM di Kota Kendari ini bertujuan untuk memudahkan pelaku UMKM untuk berkembang serta untuk percepatan pemerataan industri ke seluruh wilayah Kota Kendari.

“Pelaksanaan sentra IKM difokuskan di satu tempat dengan tujuan untuk merapikan dan memudahkan pengontrolan. Kami sangat berharap sentra IKM dapat juga menjadi tempat prawisata di Kota Kendari,”ungkapnya.

Kegiatan ini juga, kata Kadis Tenaga Kerja dan Perindustrian untuk mendukung UMKM agar dapat menjalin kemitraan dengan usaha lainnya ataupun sektor-sektor ekonomi lainnya, sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas dan efisiensi usaha.