Buton

Pj Gubernur Sultra Sambangi Sentral Pembuatan Ikan Asap di Buton

40
×

Pj Gubernur Sultra Sambangi Sentral Pembuatan Ikan Asap di Buton

Sebarkan artikel ini

Buton, Portal.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto menyambangi sentral pembuatan ikan asap yang dimiliki oleh warga Desa Boneatiro, Kecamatan Kapontori, Kecamatan Buton, Sabtu (9/12/2023).

Selain berdialog dengan warga, Andap juga berjanji untuk memberikan bantuan pada para pelaku usaha agar dapat menunjang usaha mereka.

“Nanti Ibu-ibu bisa membuat nomor induk berusaha di sektor UMKM dan akan dibantu dari dinas terkait,” ajak Andap.

Dalam dialog, warga mengungkap hampir seluruh penduduk di Desa Boneatiro menggantungkan ekonomi mereka pada usaha pembuatan ikan asap. Mereka mampu membuat mereka hingga 50 Kg ikan asap dalam sehari dengan cara menjemur ikan di atas bambu anyam dan memanggangnya di atas asap api agar cepat kering.

Hasil ikan asap produksi dari Desa Boneatiro memang cukup terkenal kualitasnya dan tahan lama, sehingga banyak dibeli oleh masyarakat di kota sekitar Buton dan kota Baubau.

Dari usaha pembuatan ikan asap tersebut, warga Desa Boneatiro mampu menambah penghasilan mereka dan menyekolahkan anak-anak mereka. Dengan kesempatan yang diberikan oleh Pj. Gubernur Andap, mereka akan dapat meningkatkan produksi serta membuka peluang bisnis yang lebih luas.

Usaha pembuatan ikan asap di Desa Boneatiro, selain memberikan penghasilan pada warga setempat, juga mempromosikan potensi sumber daya alam yang ada di Sulawesi Tenggara. Andap Budhi Revianto sebagai pemimpin daerah akan melakukan tindakan nyata dalam mendorong ekonomi masyarakat dan memajukan Sulawesi Tenggara.

Andap dalam lawatannya di Kabupaten Buton menyempatkan diri meninjau hasil-hasil perikanan yang ada di Boneatiro. Sebab ikan Kaholeo atau disebut Ikan Teri yang dikeringkan ini merupakan hasil utama Desa Boneatiro.

Ia berharap, ekonomi Buton semakin kuat dan berkembang, Pj. Gubernur Sultra pun mendorong agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait terus melakukan terobosan dan membangun sinergi lintas sektor demi mewujudkan Buton agar dapat meningkatkan penjualan produk ikan Teri (Ikan Kaholeo).

“Saya minta dinas Perikanan harus terus lakukan pembinaan terus menerus,” kata Andap.

Kunjungan Andap Budhi Revianto ke sentral pembuatan ikan asap di Boneatiro ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi warga terutama dalam meningkatkan produksi dan memperluas pemasaran ikan asap dari Boneatiro. 

“Semoga ini menjadi awal yang baik pengembangan ekonomi masyarakat di Sulawesi Tenggara,” pungkasnya.